Wednesday, April 23, 2014
0
Robot yang di publikasikan pada kehidupan sebenarnya di desain dengan bentuk yang sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya, robot untuk memindahkan barang pada ban berjalan (conveyor) didesain sebagai lengan dan sensor-sensornya, dan tidak dilengkapi dengan roda atau kaki karena tidak membutuhkan mobilitas, namun robot pembawa barang yang bergerak di medan yang rata akan di lengkapi dengan roda, dan robot yang bergerak pada medan yang tidak beraturan akan di lengkapi dengan kaki.

Singkatnya, agar memperoleh robot dengan desain ekonomis, robot-robot tersebut hanya didesain sesuai dengan kebutuhan.  Dalam hal ini, robot berbentuk manusia (Humanoid) akan lebih sering digunakan untuk keperluan demo sebagai penerima tamu (pariwisata).

Berdasarkan bentuknya, robot dapat di bedakan menjadi beberapa katagori sebagai berikut :
1.      Turtle
Diciptakan pada tahun 1970-an. Nama Turtle di ambil dari bentuknya yang mirip dengan rumah kura-kura.

2.      Vehicle
Robot jenis ini biasanya berbentuk seperti kendaraan beroda dan bergerak seperti mobil. Perbedaannya dengan mobil adalah kemampuan terprogram (programmable) dan sensor-sensornya.

3.      Rover
Bentuk robot ini cendrung pendek dan juga di lengkapi roda seperti vehicle . Robot jenis ini juga di lengkapi dengan beberapa fungsi seperti kemampuan untuk mendeteksi api atau mendeteksi objek di sekitarnya. Biasanya robot ini sering di gunakan untuk melakukan penelitian dan penjelajahan.

4.      Walker
Robot jenis ini tidak dilengkapi dengan roda seperti jenis vehicle dan rover, melainkan bergerak dengan menggunakan kaki. Biasanya robot ini berbentuk mirip serangga dan di lengkapi dengan enam kaki.

5.      Appendage
Robot ini berupa lengan yang biasanya di gunakan untuk mengambil dan memindahkan barang. Lengan ini dapat terpasang pada robot yang bergerak atau pada sebuah tempat yang statis.

6.      Humanoid
Robot ini didesain menyerupai manusia dan mempunyai kemampuan berkomunikasi seperti manusia. Untuk dapat mendukung kemampuan tersebut, robot dilengkapi dengan berbagai macam sensor. 

0 komentar:

Post a Comment