Thursday, May 29, 2014
0
Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai motor driver. mungkin sudah banyak sekali yang mengetahui apa itu motor driver. secara singkatnya motor driver dapat dikatakan merupakan alat elektronika yang biasa digunakan untuk membantu mengendalikan sebuah atau lebih dari motor yang terdapat pada satu rangkaian elektronika, contohnya dalah motor yang terdapat pada Robot beroda. motor driver sendiri menggunakan IC sebagai kendalinya. IC yang digunakan biasanya adalah IC L293D. kita pun dapat membuat sendiri sebuah motor driver, namun kini sudah tersedia beberapa driver yang dibuat khusus oleh pabrik sehingga dapat memudahkan kita untuk membuat project yang menggunakan motor driver sebagai kendalinya. salah satu contohnya adalah motor driver buatan pabrik (DFRobot) berikut gambarnya :
Gambar : 1A Motor Driver
Motor Driver ini mengunakan IC L293D sebagai kendali daripada motor driver tersebut. Berikut adalah spesifikasi dari motor driver ini :
1.      Logic Control Voltage5V (From Arduino)
2.      Motor Driver Voltage4.835V (From Arduino or External Power Source)
3.      Maximum power consumption25WT=75
4.      Menggunakan PWM dan PLL sebagai speed control mode
5.      Control signal level :
1.      High2.3V ≤ 5V

2.      Low0.3V ≤ 1.5V
Gambar : IC L293D
         Motor driver pada umumnya menggunakan metode PWM (pulse width modulation) sebagai cara untuk mengontrol kecepatan dari motor DC. PWM merupakan suatu teknik dalam mengatur kerja suatu peralatan yang memerlukan arus pull in yang besar dan untuk menghindari disipasi daya yang berlebihan dari peralatan yang akan dikontrol. Selain itu PWM  juga merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengatur kecepatan perputaran motor dengan cara mengatur presentase lebar pulsa high terhadap perioda dari suatu sinyal persegi dalam bentuk tegangan periodik yang diberikan ke motor sebagai sumber daya. Semakin besar perbandingan lama sinyal high dengan perioda sinyal maka semakin cepat motor berputar. Adapun pembagian digital pin yang digunakan sebagai PWM dalam motor driver ini terlihat pada tabel berikut: 
Gambar : Pin Fuction
       Penempatan pin-pin di atas biasanya digunakan pada arduino. Pada motor shield atau motor driver ini juga telah disediakan terminal khusus, sebagai pengganti penempatan dari pin yang akan digunakan sebagai media kendali dari PWM tersebut, sehingga tentunya akan lebih aman. Pada motor driver biasanya juga telah disediakan terminal menggunakan rumahan dan baut sebagai kuncian, sehingga kita tidak perlu khawatir akan kabel yang akan terlepas dari driver tersebut. Berikut adalah gambarannya :
Gambar : Terminal Driver
oke,, sekian dulu informasi dari saya Motor Driver. semoga dapat berguna dan bila ada salah penulisan ataupun pengertian, saya harap teman-teman dapat memberikan masukan. Terimakasih.



Next
This is the most recent post.
Older Post

0 komentar:

Post a Comment